UNSIL MENGADAKAN SEMINAR APLIKSI OPEN SOURCE BERBASIS WEB

RAPAT KOODINASI FPPT JABAR DI Universitas Suryakancana Cianjur
March 18, 2015
Kunjungan Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah ke UPT. Perpustakaan Universitas Pasundan
September 22, 2015

UNSIL MENGADAKAN SEMINAR APLIKSI OPEN SOURCE BERBASIS WEB

Dalam rangka menyambut tahun pertama Universitas Siliwangi sebagai Universitas Negeri Siliwangi yang ke-1 pada tanggal 25 April 2015, UPT Perpustakaan UNSIL mengadakan seminar dengan tema Aplikasi Open Source Berbasis Web untuk Membangun Otomasi dan Pengembangan Perpustakaan.

17

Acara dibuka oleh Wakil Rektor I UNSIL yang mengatakan bahwa Perpustakaan berperan sangat vital dalam pengembangan perguruan tinggi, bahkan sudah menjadi jantungnya perguruan tinggi. Perpustakaan UNSIL diharapkan tidak hanya berkiprah untuk UNSIL semata tetapi keberadaannya dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar kota Tasikmalaya, bahkan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Pada sambutan sebelumnya Kepala Perpustakaan UNSIL (Drs. Dede Anwar, M.Pd.) melaporkan bahwa acara dihadiri ± 100 peserta, terdiri dari Perpustakaan Perguruan Tinggi di Kota Tasikmalaya, dan Perpustakaan Sekolah di Kota Tasikmalaya. Selanjutnya Dede mengatakan bahwa sebenarnya masih banyak peserta yang menginginkan untuk hadir pada acara seminar, namun agar lebih bermakna peserta pun dibatasi. Pada acara tersebut juga mengundang Ketua FPPT JABAR, pengelola Bada Perpustakaan Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis.

Pembicara pada acara seminar yaitu Drs. Agus Rusmana, MA (Staf Pengajar JIP UNPAD) dan Bapak Hendro Wicaksono, SS., M.Hum (Pengembang SLIMS). Adapun moderator Bapak Indra Mahdi, ST., MT. (Staf Pengajar UNSIL). Pada paparannya Agus Rusmana menjelaskan pentingnya kebijakan pengembangan otomasi perpustakaan yang didukung oleh stakeholder institusi karena kebijakan pengembangan otomasi merupakan pemersatu dan sebuah kunci keberhasilan perpustakaan. Sedangkan Hendro Wicaksono menjelaskan bahwa software SLIM (System Library Information Management) sebagai software open source memberikan kebebasan kepada pengguna untuk turut mengembangkan SLIM. Senayan Library Management System (SLiMS), adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi web (yang awalnya) yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas ini dibangun dengan menggunakan basis dataMySQL, dan pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source.

Hal yang menarik pada acara tersebut adalah adanya keinginan untuk membentuk komunitas SLIM di kota Tasikmalaya, bahkan beberapa anggota FPPT JABAR yang hadir pada acara tersebut menginginkan agar FPPT memfasilitasi dibentuknya komunitas SLIM Jawa Barat.

Moga kegiatan yang sangat menarik dan bagus yang digagas UNSIL agar berlanjut untuk peningkatan perpustakaan dengan kemampuan teknologi informasi dan komunikasi.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + fifteen =