Seminar Nasional, Workshop dan Musda FPPTi Jawa Barat
August 13, 2016
REPORTASE PERTEMUAN RUTIN FORUM KOMUNIKASI PERPUSTAKAAN UNPAS
October 1, 2016

LITERASI INFORMASI

Pada tanggal 29 September 2016 Telkom University mengadakan kegiatan Seminar dan Literasi Informasi bertempat di gedung Telkom Jl. Radio NO. 1 Bandung. Telkom University membuka akses online terhadap 14.467 tugas akhir, skripsi, dan tesis, 15.970 file abstrak, dan 7.822 jurnal eproceeding untuk masyarakat umum. Konten tersebut bisa diakses siapa pun dengan mendaftarkan diri ke website openlibrary.telkomuniversity.ac.id.

Konten tersebut ditandai dengan diresmikannya Telkom University Open Library pada acara Telkom University Literacy Event 2016 di Aula Manterawu Telkom University.

Rektor Telkom University Prof Moch Ashari mengatakan, menyediakan akses terhadap sumber pengetahuan untuk masyarakat merupakan salah satu kewajiban Telkom Universitysebagai lembaga pendidikan di Indonesia.img_20160929_105836_hdr

“Telkom University memiliki visi untuk menjadi World Class University. Saya pikir salah satu tolak ukur penilaian sebuah universitas kelas dunia juga adalah bagaimana penelitian yang dihasilkan di dalamnya berdampak nyata dalam kehidupan masyarakat,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (29/9).

Membuka akses hasil penelitian seperti skripsi, tugas akhir, dan tesis, lanjut Ashari, bukanlah keputusan yang lumrah di dunia pendidikan tinggi. Apalagi saat ini sedang marak kasus penjiplakan karya (plagiarisme). Namun, pembukaan akses tersebut dilandasi dengan semangat dan komitmen yang diusung Tel-U untuk berbagi pengetahuan kepada masyarakat luas. Tel-U menginisiasi gerakan literasi melalui pembukaan konten lokal melalui konsep “Telkom University Open Library.

http://jabar.tribunnews.com/2016/09/29/telkom-university-buka-akses-penelitian-untuk-publik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − six =