Literasi Informasi
October 21, 2016
Perpisahan Peserta Magang dari UPI
December 24, 2016

Semiloka Nasional FPPTi

img_20161014_055008Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia bekerjasama dengan Perpustakaan Universitas Gadjah Mada mengadakan Semiloka Kepustakawanan Indonesia 2016, dengan tema: Kepemimpinan    &    Profesionalisme   Pustakawan: Kontribusi   dalam   Peningkatan   Kualitas   Perguruan   Tinggi“. Kegiatan  ini meliputi  seminar,  lokakarya,  workshop,  satelite meeting  dan  Rakernas  FPPTI 2016.

Latar belakang semiloka Perpustakaan merupakan organisme yang selalu tumbuh. Artinya perpustakaan yang baik adalah perpustakaan yang mampu mengikuti perkembangan lingkungannya. Perpustakaan akan dapat terus tumbuh dan berkembang mengikuti perkembangan jaman apabila pustakawan yang ada di dalamnya juga harus berkembang. Pustakawan harus mampu menunjukkan jati dirinya sebagai pribadi yang selalu siap untuk berkembang, belajar, berinovasi dan berkreasi selaras dengan kebutuhan dan keinginan pemustakanya. Keberadaan generasi digital dan generasi millenium melengkapi masuknya dunia dalam era BIG DATA sekarang ini. Pustakawan harus mampu mengidentifikasi dan mewujudkan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh generasi ini. Pengelolaan data dan informasi yang m e r u p a k a n b a g i a n d a r i k e b e r a d a a n pengetahuan menjadi kunci bagi setiap perpustakaan dalam memberikan yang terbaik kepada para pemustakanya.

selanjutnya mengacu AD/ART FPPTI pasal  18-20, Pengurus FPPTI Pusat dan Daerah wajib menghadiri Rapat Kerja Nasional yang diselenggarakan oleh FPPTI Pusat. Sehubungan dengan itu, Ketua Umum FPPTI Propinsi Jawa Barat mengkuti kegiatan tersebut. Kegiatan diselenggarakan pada:

Hari/tanggal     :  Rabu-Jum’at, 12-14 Oktober 2016

Tempat             : Perpustakaan UGM Yogyakarta

Agenda            : 1. Seminar dan Lokakarya (Semiloka)

  1. Presentasi Laporan 2015 & Program Kerja 2016
    3. Rapat Kerja Nasional FPPTI

Di samping itu, dalam rangka meningkatkan kualitas SDM anggota FPPTI di Indonesia, juga mengadakan lomba Indonesia Librarian Academic Aword 2016 untuk pertama kali, dan Alhamdulillah pada kesempatan ini perwakilan dari Jawa Barat (Ibu Yanti Sundari, S.Sos.) berhasil sebagai Juara 1. Kegiatan ILA merupakan apresiasi terhadap peran pustakawan perpustakaan perguruan tinggi atau akademik anggota FPPTI terutama dalam memberikan layanan yang terbaik bagi pemustaka dan juga mempromosikan kepustakawanan Indonesia kepada khalayak umum. Apresiasi akan diberikan kepada satu orang pustakawan yang dipilih oleh tim seleksi melalui seleksi administrasi dan pemberkasan. Kegiatan yang pertama kali dilakukan ini rencananya akan dilakukan secara rutin setiap tahun. Satu pustakawan terbaik mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah dari FPPTi Pusat.

pada kegiatan tersebut Call for paper Hilman, dan juga bebeapa anggota fppti jabar terpilih untuk dipresentasikan pada acara CFC 2016.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three − one =