PELAYANAN PEMINJAMAN BAHAN PUSTAKA

Perpustakaan meminjamkan bahan pustaka untuk dibaca di tempat, diphoto copy dan dibawa pulang ke rumah, dengan ketentuan peminjaman bahan pustaka sebagai berikut:
1. Bahan pustaka yang bisa dibaca, diphoto copy dan dibawa pulang ke rumah:
– Buku-buku wajib dan anjuran
2. Bahan pustaka yang bisa dibaca, diphoto copy dan tidak boleh dipinjam ke rumah:
– Buku-buku referensi (Kamus, Ensiklopedi, Almanak dll).
– Majalah
– Brosur
– Buletin
– Koran
– Kliping
3. Bahan pustaka yang hanya bisa dibaca di tempat:
– Skripsi
– Laporan Kerja Praktek
– Laporan Penelitian
– Makalah.

PELAYANAN REFERENSI
Bagi pengunjung atau pamakai jasa perpustakaan yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan bahan-bahan pustaka, serta informasi pengetahuan yang ada kaitannya dengan koleksi referensi, petugas perpustakaan dapat membantu memberikan petunjuk dan informasi bahan yang dibutuhkan.

PELAYANAN INFORMASI KILAT
Dalam pelayanan informasi kilat ini perpustakaan menginformasikan berita-berita tentang perpustakaan, tambahan buku baru, tambahan skripsi, buletin dan majalah, yang kemudian dipublikasikan untuk diketahui oleh mahasiswa dan dosen-dosen Universitas Pasundan khususnya dan para pengunjung umumnya.

PELAYANAN BIBLIOGRAFI
Pelayanan bibliografi ini, tidak lain adalah membagikan daftar tambahan koleksi, terutama buku-buku sumber wajib dan anjuran kepada staf pimpinan, Dosen, dan Mahasiswa Universitas Pasundan pada khususnya dan kepada pengunjung pada umumnya. Di samping itu menyiapkan bibliogafi lengkap untuk masing-masing fakultas yang ada di lingkungan Universitas Pasundan.

PELAYANAN PENELUSURAN BAHAN PUSTAKA
Dalam pelayanan penelusuran bahan pustaka ini perpustakaan menyediakan:
1. Komputer untuk menelusur buku-buku yang ada di UPT Perpustakaan, baik melalui judul, pengarang maupun subyek buku.
2. Katalog indeks artikel koran dan majalah untuk membantu pengunjung yang membutuhkan subyek-subyek tertentu mengenai tulisan-tulisan ilmiah.
3. Kliping tulisan-tulisan ilmiah dari surat kabar dan majalah yang meliputi bidang-bidang:
a. Hukum dan HAM
b. Sosial Politik/ Pemerintahan
c. Teknik
d. Koperasi
e. Manajemen
f. Pendidikan
g. Agama Islam
e. Budaya Daerah Sunda
4. Informasi dan menunjukan ke perpustakaan lain, jika bahan yang dicari tidak terdapat di UPT Perpustakaan Universitas Pasundan.

BIMBINGAN PEMAKAI JASA PERPUSTAKAAN
Dalam bimbingan ini, petugas perpustakaan memberikan bimbingan dan petunjuk kepada pengunjung perpustakaan yang membutuhkan, untuk mengetahui cara mendapatkan bahan pustaka dan lain-lain yang berhubungan dengan perpustakaan, seperti antara lain:
1. Cara menggunakan katalog on line
2. Cara mencari buku dan bahan koleksi lain;
3. Cara penelusuran bibliografi melalui buku-buku referensi yang ada.
4. Cara menggunakan internet dan membuat email.

PELAYANAN MAJALAH DAN KOLEKSI KHUSUS
UPT Perpustakaan menyediakan majalah-majalah dari dalam dan luar negeri yang berhubungan dengan disiplin ilmu yang ada di Universitas Pasundan baik masalah hukum, politik, ekonomi, pendidikan, teknologi, budaya dan keislaman.
Disamping buku-buku teks dan majalah, perpustakaan juga menyediakan koleksi khusus yang disimpan tersendiri. Koleksi khusus terdiri dari koleksi terbitan civitas akademik Universitas Pasundan, dan koleksi kesundaan; seperti skripsi, laporan penelitian, laporan kerja praktek, buku panduan Universitas Pasundan, naskah-naskah sunda dll.

PELAYANAN KONSULTASI PENYUSUNAN SKRIPSI, MAKALAH DAN PROPOSAL PENELITIAN
UPT Perpustakaan memberikan pelayanan konsultasi penyusunan skripsi, serta pembuatan proposal penelitian baik bagi mahasiswa, dosen, maupun praktisi.

PELAYANAN INTERNET
Pada awal tahun 2005 Perpustakaan telah menambah jenis layanan Internet dengan Plexi Net.Hal ini memberikan nuansa lain mencari informasi tidak hanya koleksi tercetak tetapi dengan berbagai sumber di Internet, baik berupa jurnal, artikel, Koran dll yang telah on line di internet. Pada tahun 2006 pelayanan internet di perpustakaan dapat diakses secara gratis oleh anggota perpustakaan selama jam kerja.

PELAYANAN JASA PENERJEMAHAN
UPT Perpustakaan bekerjasama dengan lembaga terkait maupun perorangan untuk memberikan layanan penerjemahan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris.

FORUM PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI
Perpustakaan Universitas Pasundan pada Tahun 2004 telah tercatat sebagai anggota Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi yang ke-74, dimana dengan menjadi anggota forum tersebut memberikan kemudahan bagi mahasiswa Unpas untuk berkunjung ke perguruan tinggi lain SESAMA anggota forum. Pada tahun 2010 Kepala Perpustakaan Unpas (Hilman Firmansyah) ditunjuk sebagai ketua I FPPT Jawa Barat, dan pada tahun 2013-2016 dipercaya sebagai Ketua Umum FPPT Jawa Barat.