KUNJUNGAN BADAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH KE UPT. PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PASUNDAN

SOSIALISASI PP NO. 24 TAHUN 2014 TENTANG PELAKSANAAN UU NO. 43 TAHUN 2007 TENTANG PERPUSTAKAAN
April 10, 2014
KUNJUNGAN DARI PUSTAKAWAN SERAWAK MALAYSIA
May 5, 2014

KUNJUNGAN BADAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH KE UPT. PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PASUNDAN

Pada hari Selasa tanggal 29 April 2014 UPT. Perpustakaan mendapat kunjungan dari Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Rombongan tiba di Unpas pada pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB, mengadakan dialog dengan Kepala UPT.Perpustakaan UNPAS.

Pada kesempatan tersebut Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa tujuan kunjungan ke Perpustakaan Unpas adalah sebagai bentuk silaturahmi dan sharing pengetahuan berkaitan dengan program kerja  perpustakaan khususnya tentang “Bimbingan Pembaca”. Alasan lain kenapa dipilih Perpustakaan perguruan tinggi, adalah banyak pengunjung ke perpustakaan daerah dari kalangan mahasiswa, oleh karena itu sebelum menentukan formula yang tepat untuk merancang model “Bimbingan Pembaca”, terlebih dahulu mengadakan studi banding ke perpustakaan perguruan tinggi, salah satu yang dipilih adalah UPT. Perpustakaan Universitas Pasundan.

Alhamdulillah, Perpustakaan Unpas merasa bersukur dan tersanjung mendapat kunjungan tersebut, bahkan kunjungan dipimpin langsung oleh Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah dengan membawa 3 orang pustakawan yang sudah berpengalaman di bidangnya, suatu kepercayaan yang luar biasa terhadap Unpas.

Pada kegiatan sharing pengetahuan Kepala UPT.Perpustakaan Unpas (Hilman F) menyampaikan bahwa kegiatan bimbingan pembaca di UPT.Perpustakaan Unpas lebih naik lagi derajatnya dalam bentuk konsultasi. Hal ini disesuaikan pula dengan amanat program kerja dari Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPT), berkaitan dengan Literasi Informasi.

Bimbingan pembaca dilakukan kepada civitas akademika Universitas Pasundan tidak hanya kepada mahasiswa, tetapi juga dilakukan pada staf pengajar khususnya yang membutuhkan untuk upload data penelitian kepada Portal Garuda. Upload data ke Portal Garuda tidak hanya dimanfaatkan oleh civitas akademika Unpas, tetapi dimanfaatkan pula staf pengajar dari perguruan tinggi lain yang membutuhkan jasa UPT. Perpustakaan Unpas.

Kegiatan bimbingan pembaca / konsultasi secara detail dijelaskan sebagai berikut:

  1. Mahasiwa baru dilakukan pada saat Orientasi Penerimaan Mahasiswa Baru atau pada saat pengambilan kartu anggota perpustakaan, karena mulai tahun 2012 mahasiswa secara otomatis telah menjadi anggota perpustakaan.
  2. Mahasiswa yang berkunjung ke perpustakaan yang mengalami kesulitan dalam hal penelusuran jurnal ilmiah ataupun literature diberikan bimbingan oleh petugas perputakaan.
  3. Mahasiwa yang ingin belajar menyusun proposal atau penelitian diberikan bimbingan oleh petugas referen.
  4. Mahasiswa yang membutuhkan bimbingan olah data penelitian dibingmbing oleh petugas referen.
  5. Bimbingan pojok internet dan journal online.
  6. Pelatihan atau bimbingan kepada petugas perpustakaan fakultas dan staf lembaga penelitian tentang upload data penelitian atau karya tulis ke digilib.unpas.ac.id

Demikian diantara sharing pengetahuan atas kunjungan Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah ke UPT. Perpustakaan UNPAS.

Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah (Drs, Agus Waluyo) dan Kepala UPT Perpustakaan UNPAS (Hilman Firmansyah, S.IP., M.AP)

Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah (Drs, Agus Waluyo) dan
Kepala UPT Perpustakaan UNPAS (Hilman Firmansyah, S.IP., M.AP)

Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah (Drs, Agus Waluyo) dan Kepala UPT Perpustakaan UNPAS (Hilman Firmansyah, S.IP., M.AP)

Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah (Drs, Agus Waluyo) dan
Kepala UPT Perpustakaan UNPAS (Hilman Firmansyah, S.IP., M.AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + sixteen =