FORUM PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI JAWA BARAT 4 Juni 2014

PESERTA PAPARAN PROPOSAL PENELITIAN KOLABORASI INTERNASIONAL, UNGG.KOMPETITIF & SATEKS
May 12, 2014
SEMINAR, WORKSHOP, DAN MUSYAWARAH NASIONAL LUAR BIASA FPPTI
June 25, 2014

FORUM PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI JAWA BARAT 4 Juni 2014

5

Ketua Umum FPPT JABAR menyerahkan cenderama kepada Manajer Perpustakaan Telkom University (Bapak Bogi).

Pada tanggal  FPPT JABAR mengadakan Workshop dan pertemuan rutin II tentang Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi di Perpustakaan Telkom University. Pembicara pada kegiatan tersebut Drs. Arief Dj Tresmawan (Kepala Perpustakaan UNISBA) dan Dra. Helmi Maolani (Kepala Perpustakaan POLBAN), sedangkan moderator Drs. Hada, M.Hum.

Acara tersebut dibuka oleh Manajer Perpustakaan Telkom (Bapak Bugi) mewakili Wakil Rektor I (Bidang akademik) sekaligus memberikan pengantar tentang Library Knowledge Center Telkom University.

Pada pembukaan acara Pak Bogi mengungkapkan bahwa sesame anggota forum merupkan saudara harus saling bantu dan meningkatkan kerjasama yang harmonis, karena Perpustakaan Perguruan Tinggi memiliki peran penting dalam meningkatkan daya saing perguruan tinggi di tingkat nasional maupun internasional, dengan cara kerjasama yang harmonis kebaradaan perpustakaan akan semakin diakui oleh berbagai pihak.

Pembicara selanjutnya tentang sosialisasi eresources dari Perpustakaan Nasional yang disampaikan oleh Bapak Wiratna Tritawirasta, S.Kom, MP (Subbid Otomasi Perpustakaan Nasional RI) dengan tema KETERSEDIAAN DAN AKSES PADA SUMBERDAYA INFORMASI ELEKTRONIK (E-RESOURCES) DI PERPUSTAKAAN NASIONAL RI. Perpustakaan Nasional membuka kesempatan kepada seluruh warga untuk memanfaatkan e-resources yang terdiri dari berbagai ilmu dan dilanggan dengan harga yang cukup besar. Pak Wiratna menginformasikan pada kesempatan selanjutnya Perpustakaan Nasional akan mengadakan diklat bagi perpustakaan perguruan tinggi tentang e-resources.

Alhamdulillah pada workshop dan pertemuan II ini banyak hal yang bisa diperoleh oleh anggota forum yang mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut diikuti lebih dari 100 peserta anggota forum yang berdomisili di Jawa Barat dan Banten. Peserta disamping dibekali pengetahuan yang sangat bermanfaat yaitu tentang bagaimana cara melakukan akreditasi perpustakaan, sebagai bahan evaluasi diri bagi peningkatan kemampuan Perpustakaan, juga peserta workshop mendapatkan hibah buku dari The Asia Foundation dengan program Book for Asia. Hibah tersebut diinisiasi oleh Perpustakaan Telkom University dan FPPT Jabar.

Hibah buku disampaikan secara simbolis oleh perwakilan The Asia Foundation di Indonesia kepada Ketua Umum FPPT JABAR (Hilman F.). Buku yang dihibahkan sebanyak 3615 eksemplar bebahasa inggris terdiri dari bidang ilmu hukum, sosial politik, teknologi, ekonomi (perpajakan, akuntansi, manajemen), pendidikan, kesehatan dll. Buku hibah tersebut telah didistribusikan kepada anggota forum yang mengikuti acara workshop tsb. setiap anggota menerima ± 50 eksemplar buku, termasuk di dalamnya anggota FPPT dari UNPAS yang mengikuti seminar yaitu Fakultas Hukum, FISIP, F.Teknik dan Fakultas Ekonomi serta UPT. Perpustakaan UNPAS.

The Asia Foundation pada pertemuan tersebut mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah dijalin dengan baik, selanjutnya The Asia Foundation perwakilan Indonesia mengajak Ketua Umum FPPT Jabar untuk turut memfasilitasi kerjasama dengan FPPT wilayah Jawa Tengah dan wilayah lainnya, yang disambut dengan gembira oleh Ketua Umum.

Pada acara tersebut disamping mendapat dukungan dari Telkom University sebagai tuan rumah, juga dari Perpustakaan Nasional, The Asia Foundation, Badan Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Barat serta dari beberapa sponsor lainnya.

Semoga kerjasama ini terus berlanjut sehinga seluruh anggota Forum yang berjumlah 183 kebetulan pada pertemuan tersebut tidak bisa hadir, mendapatkan kesempatan untuk menerima hibah buku pada pertemuan selanjutnya. (Bandung, 4 Juni 2014, Hilman F.)

6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + four =