DISKUSI PENINGKATAN WEBOMETRIC UNPAS

Musyawarah Daerah IPI dan Sosialisasi Sertifikasi Pustakawan
December 22, 2015
Diskusi Ilmiah dan Pertemuan Rutin Forum Komunikasi Perpustakaan UNPAS
January 5, 2016

DISKUSI PENINGKATAN WEBOMETRIC UNPAS

Untuk meningkatkan webometric Universias Pasundan, pada tanggal 23 Desember 2015 diadakan diskusi di ruang kerja Perpustakaan. Diskusi dihadiri pimpinan perpustakaan dan tim SPTIK UNPAS. Diskusi menghasilkan rekomendasi:

  1. Menelaah kriteria penilaian webometrik dan menganalisis kondisi unpas saat ini. Webometric adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut. Webometric melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 22 ribu Perguruan Tinggi diseluruh dunia. Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu: Presence(20%), Impact (50%), Openness (15%), dan Excellence (15%). Excellence merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking (tahun 2003-2014) dan di Google Scholar (tahun 2007-2014). Presence adalah jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files. Impact merupakan jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh mesin pencari (Google). Openness merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar).
  2. Mengoptimalkan digital library unpas (digilib.unpas.ac.id) serta mempersiapkan repository Unpas menggunakan software eprint agar terindek dengan google scolar. Pada 6 bulan terakhir pengunjung digilib.unpas.ac.id selama 2015 diukur dengan Similia.Web sbb:

STAT DIGILIB 2015

  1. Membuat surat pengajuan penggunaan software eprint untuk pengelolaan repository Unpas, ditujukan kepada Rektor cc SPTIK UNPAS
  2. Melakukan peningkatkan link terhadap web Unpas dengan cara perpustakaan melakukan MOU dengan perpustakaan perguruan tinggi di Jawa Barat dan wilayah lainnya.
  3. Melakukan broadcast kepada anggota perpustakaan yang terdaftar dalam digilib.unpas.ac.id, yang pada saat ini anggota digilib.unpas.ac.id berjumlah  1295. Broadcast dilakukan pula kepada anggota fppt jabar dan relasi lainnya.
  4. Mengadakan diklat eprint (repository Unpas) bagi para pengelola perpustakaan dilingkungan Unpas.IMG_20151210_095944

1 Comment

  1. kiersten says:

    If it was not next the IRS thinks about the interest to get personal awareness and it is definitely not deductable
    The potential risks involved after they crash are generally minimal
    to ensure the pilot is often more bold

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 19 =